Secangkir teh hangat 'tuk jiwa yang lelah,,,

Batman : The Dark Knight

Posted in film and quotes by evan on August 12, 2008

Pada udah nonton belum?Ini dia salahsatu film superheroes yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Merupakan sekuel dari Batman Begins yang ditayangkan pada tahun 2005 lalu, film ini sarat akan action-action memukau. Bagaimana tidak, pada seri ini si batman akan beradu cerdas dengan musuh bebuyutannya, The Joker. Berikut ulasan gw mengenai film ini.

Film ini masih dibintangi oleh para pemeran pada Batman Begins. Baik Christian Bale, Michael Caine, Morgan Freeman dan Heath Ledger beradu akting pada berbagai scene di film ini. Film bermula ketika The Joker membuat keributan di Gotham City dalam usaha merampok bank. Sang hero pun merasa perlu untuk membekuk penjahat ‘gila’ satu ini. Namun, ternyata Joker tidak seperti kebanyakan penjahat. Tak ada motif yang jelas bagi Joker untuk melakukan sesuatu bentuk tindak kriminal. Dan hebatnya, Joker pun mampu memainkan sisi manusiawi dari seorang Batman.

Mungkin begitu saja preview mengenai jalan cerita. Akan lebih menarik lagi klo ditonton langsung kan?Hehehehe. Sekarang gw akan memberikan beberapa pandangan gw mengenai film ini.

Sejujurnya, gw agak males klo nonton film superheroes. Kebanyakan alur ceritanya mudah ditebak. Namun berbeda dengan film ini. Memang, benang merah nya masih ada. Tetapi banyak scene-scene yang tak terduga muncul di alur cerita. Gw kagum dengan Joker, yang mampu membuat segalanya berbeda. Meski durasi film ini terbilang lama, 2.5 jam, tapi itu diimbangi dengan jalan cerita yang tak mudah ditebak.

Kemudian dari segi action, tidak diragukan lagi. Si Batman lebih frontal kali ini, lebih sering terbang di langit, malah sampai ngegantung di pesawat, hehe. Tools nya juga makin beragam dengan adanya Batpod. Jelas beda ketika kita membandingkan action yang ada di film spiderman ataupun superman dengan film ini. Menurut gw, action di film ini lebih mirip dengan action di film spy. Ini dikarenakan Batman adalah superhero yang paling rasional. Doi ga punya kekuatan gaib, cuman bisa beberapa ilmu martial arts dan dilengkapi dengan tool-tool canggih hasil penemuan rekannya, Fox. Jadi jangan harap hal yang aneh-aneh yang rada gaib bakal muncul di film ini,hehehe.

Lalu gw menyoroti surrounding film ini. Jujur, gw tu baru suka Batman abis nonton Batman Begins. Klo versi yang sebelum-sebelumnya, Gotham City dibuat begitu suram layaknya yang ada di versi komiknya. Ini membuat kesan realistis dari film berkurang. Namun, hal itu segera berubah ketika Batman Begins diluncurkan. Begitu pula pada The Dark Knight ini, Gotham City dibuat se-real mungkin, namun tetap menggelapkan sisi kriminalnya. Kemudian, banyak juga scene-scene yang diambil pada siang hari, karena sebelumnya gw pikir Batman itu cuma identik dengan malam hari.

Ada banyak adegan menarik, namun gw kagum dengan tiga adegan berikut. Pertama, adegan ketika si Batman bikin truk Joker kebalik. Slow motion nya pas, ga berlebihan. Trus cara Batman ngebalikin truk nya juga cerdas, layaknya agen 007, hehehe. Kedua, adegan pas Joker mau ngebom rumahsakit umum Gotham. Ekspresinya itu lho, bener-bener kayak orang gila. Keren dah tu bung Joker, salut. Yang terakhir, scene pas bosnya narapidana yang ada di kapal ngebuang controller bom. Duh, itu bener-bener menyentuh sisi manusiawi manusia. Ternyata masi banyak orang baik di dunia ini.

Jadi intinya, film ini wajar mendapatkan rating 9.x di sebuah forum yang gw ikutin. Dari segi cerita, action dan alur, film ini layak diberi acungan jempol. Trus, klo buat gw, The Joker lah yang membuat film ini jauh lebih “menggigit”. Karakternya pas, top deh. Bagi yang belum nonton, segera lah tonton. Karena menurut gw ga banyak film superhero yang rasional layaknya The Dark Knight, hehehe. Last, my regards to The Joker…

Why So Serious?…

EK Sani

Advertisements

Kung Fu Panda

Posted in film and quotes by evan on June 23, 2008

Lu udah nonton kung fu panda blum?payah lu,tu pilem gokil abis dah”.

Gilee tu pilem,kocak banget.Nyesel dah klo cuma nonton di rumah sendirian”.

Heran,temen-temen gw pada cerita-ceritaan tentang ni pilem. Awalnya gw juga udah pengen nonton di BSM (hehehe),tapi ga jadi,soalnya pas itu roller coaster terlihat lebih menarik.Ternyata, tu roller coaster ga ada seru-seru nya(seseorang pasti setuju dengan pendapatku :D). Mendingan naik alat kesehatan mirip kuda-kudaan yang pas itu lagi promo.sial,hehehehe

Yaudah,setelah banyak temen yang udah pada celoteh2 ttg tu pilem,gw akhirnya memutuskan,GW HARUS NONTON.Pertanyaannya sekarang adalah,sama siapa gw nonton?.Secara temen2 kebanyakan udah pada nonton,trus yang biasa nemenin nonton lagi ga ada (^^).Alhasil,dengan segala daya upaya gw mengumpulkan temen2 gw yang tersisa(ntahpapa) buat nemenin gw nonton. Akhirnya,terpilih lah Bu Menteri, Pak Deputi, Mamad Faskom plus Titis buat ke bioskop bareng gw. Suatu kehormatan besar tuh,hahaha.

Meski terancam ga jadi nonton,akhirnya kita dapet tiket jam 19.45(thanx berat buat bu menteri yang udah rela ngantri panjang buat kita para cowok nista ini ^^). Tapi tetep aja,karena kita janjiannya di bioskop ,kita telat masuknya(adakah korelasinya?). Masi mending sih gw cuma telat 9 menitan,si Mamad malah mampir dulu ke BEC bli casing harddisk. Jadinya dia masuk jam 20.15(gw lari2 ngejemput dia di depan bioskop,soalnya gw ga mw ketinggalan banyak scene).

Ternyata apa yang orang2 bilang itu benar adanya. Masa ya,pas gw blum duduk di bangku penonton,gw udah ngakak duluan?. Padahal gw pas itu blum connect bener ama film nya.Tapi emang si panda gembul itu yang buat gw gila. Dari awal mpe akhir,gw ma temen2 ketawa mulu. Mana gw duduk sebelahan ama Titis yang ketawanya udah ga manusiawi lagi. Sebelah gw juga ada si pak deputi,yang autisnya mirip2 gw. Jadinya pas pilem abis pun kita masi ngakak ga jelas (dasar autis).

Okeh, cukup dengan cerita gw,mari kita bahas filmnya sekarang

Kung Fu Panda adalah salahsatu produksi dari Dreamworks Animation yang memang terkenal dengan film 3 dimensi. Resmi dirilis pada Juni 2008, film ini langsung menarik perhatian para penikmat movie di dunia. Berikut beberapa kelebihan dari Kung Fu Panda.

Pertama, film ini mengangkat tema kungfu ke dalam bentuk animasi. Jujur saja,ini mungkin pertama kali gw nonton adegan KungFu dalam karakter 3 dimensi. Mungkin selama ini kita hanya menyaksikan jurus-jurus luar biasa yang diperagakan oleh Jackie Chan maupun Jet Li. Namun ini berbeda,dan saya yakin Anda pun belum pernah melihat bagaimana piawainya seorang seekor panda ber-Kung Fu ria ^^.

Kedua,klo hanya tema Kung Fu yang diangkat dalam film, itu sudah biasa. Tapi setelah gw ngeliat langsung jurus-jurus yang dimainkan para tokoh di film ini,gw berdecak kagum. Setiap gerakan, tendangan, dan pukulan terlihat begitu padu. Tak ada unsur serampangan atau asal-asalan. Selayaknya Jackie Chan memainkan jurus Kung Fu nya, begitu pula karakter-karakter itupun menghajar setiap musuh yang menghadang(ceilee). Klo ga salah gw pernah baca, produksi film ini pun mendatangkan beberapa ahli KungFu untuk  memeragakan setiap jurus yang diapakai dalam scene film ini. Selain itu, untuk membuat konversi gerakan KungFu manusia ke gerakan hewan menjadi realistis, bagian produksi juga mendatangkan ahli motorik hewan untuk mempelajari setiap gerakan yang nantinya akan diperagakan oleh karakter film ini. Makanya, scene-scene yang menyajikan pertarungan Kung Fu di film ini menjadi sangat menarik untuk ditonton.

Ketiga, film ini disinyalir sebagia perpaduan manis antara canggihnya teknologi grafis barat dengan kekonyolan adegan-adegan yang ada pada anime Timur. Ekspresi karakter-karater nya memang mengingatkan kita dengan anime dan manga Jepang. Inilah yang ngebuat gw ngakak dari awal mpe akhir. Pokoknya film ini ekspresif banget lah (jadi pegel pipi gw gara-gara ketawa mulu).

Keempat, meski hanya dalam bentuk film animasi yang notabene menampilkan kekonyolan setiap tokohnya, ternyata film ini bernilai. Dan penyajian nilai-nilai kadang tak terduga,meski akhirnya si karakter malah tambah konyol gara-gara itu. Contohnya yang pas si Oogway ngomong klo ga ada berita yang baik maupun buruk.Ngakak lagi gw. Kayaknya ada satu quote yang bikin para penonton berdecak kagum di film ini. Dengan bantuan revisi dari seseorang(^^), klo ga salah begini bunyinya,

“Yesterday is history, tomorrow is mystery, today is a gift…That’s why we call it present (sekarang/hadiah)…”

Kesimpulannya, film ini bener-bener layak buat ditonton rame-rame. Klo ga salah baru dua film yang gw tonton dapet tepuk tangan meriah dari penonton di bioskop, film ini ama Transformer. Jadi,ga bakal nyesel deh nonton ni pilem baik itu ama temen2 maupun bareng keluarga. O iya sekedar ngingetin, siap-siap aja buat ngakak ya,hahahahahaa

 

Medley

Posted in film and quotes by evan on June 18, 2008

Dah agak bosen nonton pilem luar, gw nyoba buka-buka file film lokal di folder gw. Perasaan kemaren tu gw download film banyak banget,jadi file udah kagak jelas dimana. Eh, akhirnya nemu juga satu film lokal,judulnya Medley. Berikut ulasan gw mengenai karya anak bangsa ini.

Film Medley dibintangi oleh Yosi ProjectPop dan Rachel Maryam ini resmi dirilis pada tahun 2007. Awalnya pengen banget nonton film ini di bioskop kemaren2,tapi kagak sempet mulu. Pas udah bisa nonton,yah udah kagak ada lagi di bioskop. Tapi akhirnya keinginan gw bisa terkabul juga,soalnya baru nonton pagi ini,hhehehe.

Cerita bermula bagaimana seorang Adit yang merupakan Unit Manager dari suatu perusahaan asuransi merasa tidak puas dengan hidupnya. Meski telah dikarunai istri yang pengertian, Maya (Rachel Maryam ) dan seorang anak laki-laki, Adit tetap merasa hidupnya pasti bisa lebih baik andai dia memilih jalan lain di masa lalu. Hal ini mengakibatkan dia dibawa ke berbagai kehidupan yang diharapkan sebelumnya. Dan akhirnya,Adit pun mengerti, bahwa apapun yang telah diperolehnya saat ini, merupakan hal terbaik yang pernah ia miliki.

Jujur,ini adalah salahsatu film lokal yang berkualitas menurut gw. Meski diawal-awal cerita rada ngebosenin,ternyata banyak juga renungan-renungan yang membuat gw berpikir “iya ya?”. Adegan pas si Adit marah-marah misalnya, gw jadi keinget pas gw ada masalah,gw langsung jadi marah-marah ga jelas ke siapapun. Dan ternyata itu ga baik emang. Dalam film ini begitu banyak hal-hal yang kita anggap sepele sebenarnya sangat berkaitan dengan hidup kia selanjutnya.

Peran Maya sebagai istri sang Unit Manajer bener -bener patut diacungi jempol. Masi ada ternyata istri yang rela bersabar demi suaminya yang rada udah mulai ‘gila’. Sayangnya, baru diakhir cerita si Adit sadar,bahwa istrinya memang yang terbaik untuk dirinya. Mudah2an istri gw entar pengertian kayak gitu,hehehe

Pesan yang gw tangkep dari film ini, tekadang kita selalu memikirkan apa yang tidak ada pada diri kita,sehingga sering pula kita lupa untuk mensyukuri apa yang telah ada pada diri kita. Padahal yakinlah, apapun yang telah kita dapatkan hingga saat ini,apapun itu, merupakan hal yang terbaik yang pernah kita alami dan lalui.

Here is the quote…

Hidup adalah pilihan, dan setiap pilihan memiliki konsekuensi.

EK Sani

August Rush (2007)

Posted in film and quotes by evan on May 19, 2008

buat yang perdana,mari kita bahas salahsatufilm produksi luar berjudul August Rush.

film ini resmi dirilis pada November 2007 di Amerika sono. nah,taukah kalian klo gw nya baru nonton sekitar 3 minggu yang lalu?(maap jadi ga penting gini,hehehe). disutradarai Kirsten Sheridan, film ini dinominasikan sebagai Academy Award Drama 2007. tak salah sepertinya,karena film yang skripnya ditulis oleh Paul Castro,Nick Castle dan James V Hart memiliki arti tersendiri.

film ini diawali dengan kisah Evan Taylor (nama Evan emang keren ya),diperankan dengan baik oleh Freddie Highmore, yang terasing dari teman2 lainnya di sebuah panti asuhan. dia dianggap aneh karena selalu menyendiri sambil ‘mendengarkan nyanyian alam’. Evan memang memiliki talenta luarbiasa dalam hal musik,namun sepertinya tak semua orang bisa menerimanya. singkat cerita,inti dari plot cerita film ini adalah bagaimana si Evan menemukan kedua orangtuanya, Lyla Novacek (Keri Russell) dan Louis Connelly (Jonathan Rhys Meyers).

nah,itu sekilas mengenai filmnya berdasarkan fakta yang ada. sekarang gw pengen ber-opini mengenai ni pilem. klo menurut gw sih,alur ceritanya udah banyak ditampilin di film lain. namun yang beda adalah ‘soul‘ nya. ini adalah salahsatu film yang bikin gw merinding (bukan karena ketakutan ya). musikalitas dari film ini tak perlu diragukan lagi. salahsatu scene yang gw kagumi adalah saat Evan baru belajar main gitar dengan teknik Slabing dan Tapping. dahsyat abis pokoknya. ga tau itu beneran apa kagak, adegannya keliatan keren aja.

sebenarnya masi banyak lagi adegan-adegan yang bagus,mungkin karena diiringi musik yang pas. apalagi pas ending itu,melodi instrumen karya sang maestro August Rush mantep abis dah. gila aja klo emang ada anak sekecil itu udah bisa memanipulasi tangga nada dengan dinamik dan komposisi sejenius itu.

mengenai adegan yang meaningful,gw sarankan perhatikan baik-baik saat dialog Evan ama Wizard (dilakoni oleh Robbin Williams). gw lupa apa tepatnya, tapi mereka berdialog bagaimana musik itu. dan sepertinya gw setuju dengan pendapat sang Wizard ^-^.

in the end, let’s take a look at this quote

“Music is all arround us. All you have to do is listen”
august rush

kapan kita akan mencoba untuk mendengar?

hmm,jadi tunggu posting mengenai film berikutnya ya,semoga bermanfaat…

EK Sani

preambule

Posted in film and quotes by evan on May 19, 2008

waaaaah,udah lama ya ga nulis,abisnya idup kayak udah padet gitu

hmmm, bosen dengan kategori2 yang ada,gw pengen ngelakuin suatu inovasi baru nih. sekarang Anda berada pada section Film and Quotes. disini kita bakal ngebahas lika-liku alur film,baik local maupun unlocal. mulai dari siapa sutradaranya,aktor dan aktrisnya (pigurannya juga boleh deh ^-^), mpe ratingnya di nasional maupun internasional.

dan yang paling penting, di tiap postingan,gw bakal nulis quote-quote di masing2 film. karena itulah gw suka nonton film,karena ada yang bisa diambil dari 2 jam duduk ngeliatin layar Laptop(ketahuan deh biasa nonton bajakan ^-^).

semoga bisa menghibur,check them all….

NB:klo ada saran mengenai film ato quotes yang bagus,tolong kasi komen ya,biar kita bahas pilemnya

EK Sani